Pengertian Laporan
Laporan adalah cara komunikasi di mana penulis menyampaikan informasi kepada seseorang atau suatu badan atas tanggung jawab tugas yang dibebankan kepadanya.
Berikut ini hal-hal yang harus diperhatikan ketika kalian menyusun laporan kegiatan.
1) Judul laporan
Setiap laporan harus diberi judul agar orang tahu arah laporannya. Judul sesuai dengan kegiatan yang akan dilaporkan.
2) Pendahuluan
Pendahuluan sebuah laporan biasanya berisi tujuan diadakannya kegiatan.
3) Isi laporan
Uraikan segala fakta yang kalian temukan. Isi laporan merupakan uraian dari judul laporan.
a. Susunan Panitia
b. Pelaksanaan Kegiatan
c. Hasil yang dicapai
4) Penutup
Penutup laporan berisi saran-saran, harapanharapan, atau kesimpulan dari laporan.
Kerangka Laporan Sederhana disusun sebagai berikut:
Cover atau jlid
Daptar isi
Kata pengantar
A. Pendahuluan
B. Isi Laporan :
1. Tujuan
2. Alasan
3. Hasil
C. Kesimpulan dan Saran
Istilah-istilah dalam pembuatan karya ilmiah atau laporan:
Kutipan = adalah pinjaman kalimat atau ucapan seorang fakar .
Catatan kaki = adalah keterangan-keterangan atas teks karangan yang ditempatkan pada kaki halaman sebuah buku/karya ilmiah.
Bibliografi atau daftar pustaka = adalah daftar yang berisi judul-judul buku yang dijadikan reperensi atau acuan sebuah buku atau karya ilmiah.
Et al = singkatan dari kata latin et alin artinya dan lain-lain
Tidak ada komentar:
Posting Komentar